SUCOFINDO Fasilitasi 26 UMK untuk Sertifikasi Halal

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:33


JAKARTA, (22/6)-PT SUCOFINDO, melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Unit Halal, memfasilitasi 26 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) terpilih untuk proses sertifikasi halal melalui pelatihan dan audit.

Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Direktur Utama PT SUCOFINDO, mengatakan bahwa program pendampingan sertifikasi halal mampu meningkatkan daya saing bagi pelaku UMK. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, yaitu produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

“Kami berharap sertifikat halal ini dapat mendorong UMK naik kelas dan bisa memperluas ke pasar ekspor. Penyelenggaraan jaminan produk halal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Selain itu, bertujuan meningkatkan nilai tambah bagi para pelaku usaha dalam memproduksi dan menjual produk halal,” ujar Mas Wigrantoro.

Pendampingan sertifikasi halal ini berlangsung sejak bulan Mei sampai Juli 2022. Kegiatan ini mencakup kurasi UMK, pelatihan awareness Jaminan Produk Halal, workshop dokumentasi sertifikasi halal, dan audit untuk sertifikasi halal.

Kepala Unit Halal PT SUCOFINDO Agus Suryanto mengatakan bahwa para UMK telah melewati tahap pelatihan awareness Jaminan Produk Halal (JPH) dan workshop dokumentasi sertifikasi halal. “Proses saat ini tengah berlangsung tahap verifikasi dan audit untuk sertifikasi halal,” kata Agus.

Selanjutnya, Agus Suryanto menargetkan proses sertifikasi halal akan rampung pada Juli 2022. “Oleh karena itu, sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) SUCOFINDO, kami terbuka untuk konsultansi, jika para UMK terpilih tersebut mengalami kendala selama proses sertifikasi. Untuk saat ini, kami berharap para UMK konsisten dan komitmen dalam memahami dan menyiapkan administrasi sesuai dengan kebutuhan sertifikasi,” ujar Agus.

Sementara itu, Juli Ustriliadi, salah satu pelaku UMK asal Pontianak, Kalimantan Barat menyampaikan terima kasih kepada PT SUCOFINDO atas fasilitas sertifikat halal yang diberikan. “Terima kasih kepada SUCOFINDO yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis. Bantuan ini sangat bermanfaat di masa transisi (pemulihan Covid-19) karena mampu memberikan nilai tambah dan sertifikat halal dapat memberi keyakinan kepada konsumen. Saya merasakan manfaat menjadi UMK binaan SUCOFINDO, sehingga saya mendapatkan anugerah UMKM terbaik se-Kalbar,” tutur Juli.

Sebagai Digital Testing, Inspection, and Certification (TIC) Company, PT SUCOFINDO memiliki layanan digital, yaitu aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH) pada halal.sucofindo.co.id. “Aplikasi SAHIH terintegrasi dengan aplikasi SIHALAL BPJPH, sehingga pelaku usaha cukup sekali mengisi dan mengunggah data dan informasi persyaratan permohonan sertifikasi halal ke aplikasi SIHALAL dan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH SUCOFINDO, setelah dokumen diperiksa oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan diteruskan ke SUCOFINDO sebagai LPH yang dipilih pelaku usaha. Selanjutnya data dan informasi tersebut digunakan dalam proses pemeriksaan kehalalan produk sampai pelaporan dan diproses menggunakan SIHALAL. Semoga layanan digital ini memudahkan pelaku usaha,” kata Agus Suryanto.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                         -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon             : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id