Sparing dan Onlimo: Apakah Penting Untuk Usaha Kamu?

Rabu, 15 Juni 2022 | 11:42


Halo SuperSCI, kamu sudah tau belum ketentuan dari pemerintah yang menetapkan pemasangan Sparing khususnya di bidang usaha dan/atau kegiatan mineral dan batubara? Mari kita ulas mengenai apa itu Sparing dan mengapa itu penting!

Sparing sendiri memiliki kepanjangan yaitu Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan, loh! Sistem ini bekerja untuk memantau, mencatat dan melaporkan kegiatan pengukuran kadar atau suatu parameter dan/atau debit air limbah secara otomatik, terus menerus dan dalam jaringan. Kemudian, alat Sparing sendiri digunakan untuk mengukur kadar suatu parameter kualitas dan debit air limbah melalui pengukuran dan pelaporan secara otomatik, terus menerus dan dalam jaringan.

Terdapat tahapan-tahapan Sparing yang diwajibkan meliputi:

  1. Pemasangan alat Sparing;
  2. Pengoperasian Sparing;
  3. Perhitungan beban pencemaran air;
  4. Pelaporan data pemantauan kualitas air limbah.

Ternyata, di zaman yang serba digital ini, kita dapat memantau mutu air secara online yang disebut dengan Onlimo. Onlimo atau yang disebut dengan Sistem Online Monitoring Kualitas Air adalah sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan unit data logger, unit transmisi data dan software. Alat ini dapat dipakai untuk memantau air limbah di industri untuk dilakukannya pemantauan kualitas air baik di sungai, danau, waduk,  pantai maupun di perairan laut.

Tentunya onlimo sendiri memiliki beberapa tujuan, yaitu:

  1. Membangun sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime;
  2. Membangun database kualitas air daerah (nasional);
  3. Mengembangkan sistem informasi pemantauan kualitas air.

SUCOFINDO telah melakukan riset dan pengembangan teknologi pemantau air sehingga pada tahun 2019 SUCOFINDO telah mendaftarkan solusi Sparing kepada Direktorat Pengendalian Pencemaran Air (PPA) dan telah lulus uji serta terdaftar di KLHK. Dengan diwajibkannya pelaksanaan pemasangan Sparing, SUCOFINDO siap untuk mendukung dalam implementasi sistem pemantauan kualitas air limbah secara realtime yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia bagi para pelaku industri.

SUCOFINDO juga siap melayani jasa konsultansi berupa rekayasa sistem pengelolaan air asam tambang bagi para pengusaha industri tambang, baik secara konvensional melalui bahan kimia maupun dengan menggunakan metode secara elektronis yang dapat lebih efisien. Dalam mendukung kegiatan atau usaha terkait lingkungan lainnya SUCOFINDO juga siap melayani dalam jasa pemantauan dan pengujian kualitas air, udara dan emisi, pemantauan reklamasi bekas tambang, jasa konsultansi AMDAL dan CSR berdasarkan ISO 26000, Sertifikasi ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sertifikasi ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan dan jasa Green Port untuk Pelabuhan.

Hubungi kami melalui whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!