SUCOFINDO Raih The Best Paper 1 dalam Konferensi Internasional GTISEE 2022

Jumat, 03 Juni 2022 | 19:04


Denpasar (3/6) - PT SUCOFINDO berhasil meraih The Best Paper pemenang 1 dalam Konferensi Internasional Green Tourism International Seminar and Enterpreneurship Expo 2022 (GTISEE 2022): Fostering Resilience yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Bali (31/5). Keberhasilan ini diraih setelah melewati tahapan seleksi terhadap 42 paper dari 7 negara, yaitu Australia, Inggris, Prancis, Rumania, Singapura, India, dan Indonesia.

Green Tourism International Seminar and Enterpreneurship Expo 2022 ini sebagai solusi dan mitigasi untuk pengembangan pariwisata, khususnya green tourism melalui program pariwisata berkelanjutan dan implementasi sertifikasi pariwisata berkelanjutan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno yang turut menghadiri acara secara online.

Sandiaga menambahkan pengembangan green tourism ini dapat terwujud dengan adanya kolaborasi antar pelaku usaha, akademisi, serta pihak terkait lainnya.

Selain itu, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan bahwa kegiatan ini mampu melahirkan rekomendasi untuk pariwisata Indonesia. “Rekomendasi ini dapat menggerakan masyarakat dan mendukung fundamental pariwisata,” ujar I Wayan.

Sejalan dengan tujuan dan arahan Gubernur Bali dan kegiatan GTISEE 2022, PT SUCOFINDO berhasil menyusun rekomendasi penguatan konsep desa wisata berkelanjutan, yang dituangkan dalam karya tulis (paper) dengan tema “Conformity Assessment Analysis of Self Declare Ecolable Criteria for the Development of Indonesia's Tourism Villages Toward Sustainable Tourism: The Case in Cikolelet, Serang Banten”.

Paper penguatan konsep  ini merupakan suatu inovasi yang dibuat dan dipresentasikan oleh pegawai PT SUCOFINDO Strategic Business Unit Sertifikasi dan Eco Framework (SBU Serco) Andi Dewi Sartika Syamsul, Ita Lestari, Sukma Arini, Dissa Natria, Toto Iswanto, serta dipimpin oleh Budi Utomo, selaku Kepala SBU Serco PT SUCOFINDO.

Selanjutnya, paper melalui tahapan seleksi dari Dekan Fakultas Pariwisata Politeknik Negeri Bali Prof. Ni Made Ernawati, serta para praktisi lainnya yang tercatat sebagai penulis jurnal internasional, seperti perwakilan dari Politeknik Negeri Bali (Indonesia), Nanyang Technology University (Singapura), Guandong University (China), University of London (Inggris), University of Angers (Prancis), serta Pennsylvania State University (Amerika Serikat).

“Kami mengapresiasi atas inovasi yang diberikan dan kemenangan yang diraih oleh tim SUCOFINDO. Konsep yang diberikan ini mampu mengembangkan potensi wilayah Cikolelet, Banten untuk dijadikan Desa Wisata berkelanjutan dengan potensi kesesuaian klaim ekolabel, khususnya dalam pengelolaan sampah. Kami berharap melalui presentasi ini dapat diimplementasikan oleh daerah lainnya,” Kata Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Selain itu, untuk mendukung aspek lingkungan berkelanjutan, PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Verifikasi dan Validasi untuk Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Verifikasi informasi lingkungan emisi GRK ini meliputi statement GRK di tingkat organisasi dan proyek penurunan emisi (emission reduction dan Removal Enhancement). Tak hanya itu, LVV PT SUCOFINDO juga melayani verifikasi informasi lingkungan lain, seperti reduksi emisi, pengelolaan sampah, dan air berdasarkan kesepakatan terhadap prosedur (agreed upon procedures).

Untuk mendukung terciptanya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), PT SUCOFINDO telah ditunjuk oleh Kementerian Tenaga Kerja RI sebagai Badan Audit SMK3 sejak tahun 1996, dan telah melakukan audit SMK3 selama lebih dari 20 tahun di berbagai sektor industri, lembaga pemerintahan, pertambangan, dan sejumlah industri lainnya.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id