Apa sih Validasi dan Verifikasi Gas Rumah Kaca itu?

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:43


Halo SuperSCI, dewasa ini kita banyak mendengar berita dan ajakan mengenai hemat energi serta pengetahuan tentang pemanasan global. Kamu pasti sudah mengetahui apa itu Rumah Kaca serta tujuannya. Namun apakah kamu sudah mengetahui tentang Gas Rumah Kaca? Apakah Gas Rumah Kaca perlu divalidasi dan diverifikasi? Mari kita ulas bersama, yuk!

Jika rumah kaca adalah bangunan yang dinding dan atapnya terbuat dari kaca untuk menangkap panas sinar matahari yang akan digunakan ketika malam hari agar suhu di dalam bangunan tetap hangat, maka akan mengakibatkan adanya efek rumah kaca. Efek Rumah Kaca merupakan panas matahari yang terjebak di atmosfer bumi dan menyebabkan suhu bumi menjadi hangat. Lalu gas-gas di atmosfer yang menangkap panas matahari disebut Gas Rumah Kaca (GRK). Gas-gas tersebut adalah Karbon Dioksida (CO2), Nitrogen Dioksida (N2O), Metana (CH4), dan Freon (SF6, HFC dan PFC). 

GRK dapat dihasilkan dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan seperti penggunaan energi listrik, penggunaan kendaraan bermotor dan juga menyisakan makanan hingga membusuk dapat mengeluarkan gas metana, loh, Sobat SCI. Dengan mengendalikan emisi gas yang meningkat secara drastis sejak tahun 1950-an, Indonesia mulai bergerak untuk mengurangi emisi gas dengan mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam melakukan deklarasi target net zero. Pemerintah menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca sebanyak 29% dengan kemampuan sendiri dan 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030 dimulai dari tahun 2021.
 
Demi mendukung dan menyukseskan target tersebut maka diberlakukannya kewajiban untuk perusahaan, dalam memenuhi validasi dan verifikasi gas rumah kaca sesuai dengan standar ISO 14065. Adapun Sistem Manajemen Validasi dan Verifikasi Gas Rumah Kaca ISO 14065 memberikan sejumlah alat untuk mengembangkan program dalam mengurangi emisi gas rumah kaca kepada perusahaan industri dan pemerintah. Sistem ini juga membantu perusahaan beroperasi sesuai dengan skema perdagangan emisi. Pada sistem ini terdapat tiga bagian standar perhitungan dan verifikasi, yaitu:
-    Berkaitan dengan kondisi spesifik untuk desain dan pengembangan organisasi atau ketersediaan inventarisasi gas rumah kaca.
-    Membahas rincian penentuan tingkat, pemantauan dan pelaporan pengurangan emisi dan penghapusan proyek gas rumah kaca.
-    Menguraikan kondisi dan rekomendasi untuk menetapkan persetujuan dan kontrol informasi gas rumah kaca.

Validasi dan Verifikasi Gas Rumah Kaca tentunya memiliki beberapa manfaat, loh! Laporan ini dapat digunakan untuk laporan tahunan perusahaan, branding kepada pelanggan, deklarasi pencapaian pengurangan emisi kepada publik, sampai pemenuhan syarat pelaporan dalam peraturan pemerintah Indonesia atau investor. Sangat banyak kan? Segera validasi dan verifikasi Gas Rumah Kaca perusahaan atau organisasi kamu dengan SUCOFINDO.

Mengapa SUCOFINDO? SUCOFINDO telah memiliki tenaga ahli yang unggul dan menyediakan jasa verifikasi dan validasi informasi lingkungan yang terakomodasi dalam ISO 14065 (Gas Rumah Kaca - Organisasi). Dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan validasi dan atau verifikasi GRK, SUCOFINDO International Certification Services (SICS) akan memelihara prinsip-prinsip untuk menjaga kenetralan, kemampuan, tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, dan kemampuan untuk menanggapi keluhan dan banding dalam setiap tahapan proses validasi dan verifikasi.
Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan kami dalam validasi dan verifikasi? Kontak Customer Service kami melalui Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini ya!