Usaha Pertanian dan Perikanan

Pemantauan, Pengendalian, dan Pengawasan di Bidang Perikanan

Sucofindo Menerapkan Pengelolaan Perikanan secara Bertanggung Jawab

TANTANGAN BISNIS

Code of Conduct for Responsible Fisheries (CCRF) article 7 merekomendasikan agar pendekatan pengelolaan sumberdaya perikanan diarahkan untuk menjadi solusi permasalahan-permasalahan sebagai berikut:

  1. kelebihan kapasitas penangkapan ikan;
  2. ketidakseimbangan antara kepentingan berbagai pihak dalam memanfaatkan sumber daya;
  3. kerusakan habitat, kecenderungan kepunahan jenis ikan tertentu dan turunnya keanekaragaman hayati; serta
  4. kerusakan dan kemunduran mutu lingkungan yang diakibatkan oleh polusi, sampah dan buangan ikan-ikan yang tidak ekonomis padahal penting nilai biologinya.

Dalam CCRF juga menyarankan agar setiap negara mempromosikan kegiatan pengelolaan sumber daya ikan menjamin pendekatan dan kebijakan setiap negara didukung hukum dan undang-undang. Salah satu sistem untuk mencapai tujuan tersebut di atas yang telah diakui oleh Food And Agriculture Organization (FAO) adalah Pemantauan, Pengendalian, dan Pengawasan (Monitoring, Control and Surveillance ,MCS).

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Pemantauan, Pengendalian, dan Pengawasan (Monitoring, Control and Surveillance, MCS) merupakan solusi sistem yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan sektor perikanan yang menekankan pada pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan secara bertanggung jawab. SUCOFINDO berperan dalam pengembangan dan pelaksanaan MCS sebagai berikut:

  1. Melakukan survei untuk pengumpulan dan analisis data yang akan digunakan menilai tingkat pemanfaatan dan kelimpahan sumber daya ikan, mencakup antara lain kapal penangkapan ikan, operasi, hasil tangkapan, upaya penangkapan, pengangkutan, pengolahan dan pengepakan hasil;
  2. Merancang dan menyusunan pedoman dan peraturan (termasuk undang-undang) tentang perizinan, pembatasan alat tangkap, zonasi penangkapan;
  3. Merancang kegiatan operasional berupa peralatan, teknologi, jadwal dan lokasi, dalam rangka menjamin dilaksanakannya pedoman dan ditaatinya peraturan peraturan yang telah ditetapkan.

Manfaat

MCS sebagai solusi masalah pengelolaan sumberdaya kelautan bidang perikanan yang akan berdampak positif terhadap pemerintah dan pelaku usaha (termasuk nelayan tradisional) yang akan memberikan manfaat untuk:

  1. Menghilangkan losses akibat illegal fishing maupun ekspor ilegal yang sangat merugikan negara, sekaligus akan meningkatan devisa dan penerimaan Negara;
  2. Efisiensi dan terkendalinya sistem perizinan pemanfaatan sumberdaya perikanan, sehingga menghasilkan pemanfaatan sumber daya perikanan yang optimal dan terjaganya kelestarian sumber daya;
  3. Tersedia data dan informasi tentang ketersediaan/potensi sumberdaya dan tingkat pemanfaatannya secara cepat dan akurat dan mudah diakses pihak-pihak yang memerlukan;
  4. Menghilangkan potensi konflik horizontal antara perusahaan perikanan besar, menengah maupun nelayan tradisional, sehingga ada jaminan berusaha (situasi yang kondusif, keamanan dan kepastian usaha jangka panjang), sekaligus akan meningkatkan kesejahteraan disebabkan adanya peningkatan efisiensi produksi.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO


Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956 dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta didukung laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Keberadaan kantor cabang akan membantu pemahaman permasalahan lingkungan setempat dan membantu kelancaran pelaksanaan pekerjaaan.

Jaringan
Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan internasional.

Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, 17025, dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

Untuk Indonesia, pengembangan MCS seharusnya diarahkan untuk mendukung kebijakan pembangunan sektor perikanan yang menekankan pada pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan secara bertanggung jawab dan lestari. Pendekatan yang dilakukan dalam pelaksanaan pekerjaan meliputi :

  1. Studi literatur, yaitu kajian terhadap sistem, aturan maupun konsep implementasi MCS yang sudah ada (nasional dan internasional), serta bench marking dengan implementasi MCS yang sudah dilaksanakan di negara-negara lain;
  2. Survei/studi lapangan di beberapa sentra-sentra perikanan di Indonesia maupun luar negeri;
  3. Seminar, pelatihan, workshop, dan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan para stakeholder perikanan di Indonesia maupun internasional.
     
Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email