Siaran Pers
Share on Facebook

           

           

Thu, 26 April 2018 15:19:49 +0700
SUCOFINDO RAIH PENGHARGAAN BEST LEADER REVOLUSI MENTAL & BUMN BERSIH TERBAIK

 



Jakarta, PT SUCOFINDO (PERSERO) meraih penghargaan pada Revolusi Mental Award BUMN 2018 untuk Perusahaan BUMN dengan kategori BUMN Bersih Terbaik di Hotel JS Luwansa (25/4). Selain itu pada ajang tersebut Direktur Utama PT SUCOFINDO (PERSERO), Bachder Djohan Buddin mendapat apresiasi sebagai Best Leader Revolusi Mental Aplikasi dan Program Kerja Revolusi Mental Terbaik. Penjurian dilakukan oleh Dewan Pakar BUMN Track, akademisi, dan pimpinan media, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang didaulat sebagai Juri Kehormatan.

 

Penerapan nilai-nilai revolusi mental di perusahaan adalah dalam rangka mencapai budaya kinerja unggul. Kami akan terus pupuk dan kembangkan hal tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan,” kata Bachder usai penganugerahan Revolusi Mental Award BUMN 2018 yang dihelat oleh Majalah BUMN Track.

Penghargaan ini merupakan bentuk dari program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sebagai tiga pilar Trisakti. “Dengan adanya ajang ini mampu mengapresiasi dan mengevaluasi sejauh mana BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengimplentasikan program Revolusi Mental,” kata Ketua Dewan Juri Sugiharto, Menteri BUMN periode 2004-2007.  Tak hanya itu, Sugiharto pun berharap kegiatan ini mampu memberikan motivasi bagi  BUMN dan Anak Perusahaan BUMN untuk tetap berkomitmen menjalankan Revolusi Mental.

Penilaian ini berdasarkan implementasi nilai-nilai Revolusi Mental yang  ditetapkan 5 (lima) gerakan perubahan, yaitu gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Berdasarkan 5 (lima) gerakan perubahan tersebut, PT SUCOFINDO (PERSERO) juga telah menerapkan di tiap aspek perusahaan, baik di internal maupun untuk eksternal, seperti membantu pemerintah dan masyarakat, dengan memberikan layanan jasa yang turut mendorong nilai-nilai GNRM. Salah satunya melalui layanan jasa CSR berbasis ISO  26000. “Layanan jasa ini menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan guna memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR,” kata Bachder.

Sebagai bentuk peran PT SUCOFINDO (PERSERO) dalam memberikan perlindungan konsumen, PT SUCOFINDO (PERSERO) menawarkan layanan jasa SNI untuk Komoditas dan Produk Konsumen. Didalamnya terdapat upaya mendorong kemandirian bangsa dengan melakukan pembinaan dan sertifikasi produk untuk IKM dan UKM.

Selain itu, guna mendukung pemerintah dalam penggunaan produk dalam negeri, PT SUCOFINDO (PERSERO) memiliki  jasa pada verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). “Dengan jasa TKDN ini juga mampu membatasi penggunaan produk luar,” kata Bachder. Salah satu layanan terbaru PT SUCOFINDO (PERSERO), yaitu untuk verifikasi kandungan dalam negeri dalam perangkat telekomunikasi pada telepon seluler.  Dalam hal ini Sucofindo juga memiliki laboratorium pengujian radio frekuensi dan menginisiasi pembuatan regulasi untuk laboratorium pengujian keselamatan dan kesehatan pada perangkat telekomunikasi.

Tercatat pada tahun 2017 PT SUCOFINDO (PERSERO) mengalami kenaikan pendapatan operasi, yaitu sebesar 2,037 triliun lebih besar dibanding tahun 2016, yaitu 1,86 triliun atau dengan persentase kenaikan 9,5 %.