Pemerintah dan Institusi Internasional

Konsultasi Pengelolaan Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut

SUCOFINDO memberikan rekomendasi untuk pengelolaan sumber daya pesisir dan laut secara lestari.

TANTANGAN BISNIS

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai sumber daya pesisir dan laut serta keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia. Akan tetapi, pemanfaatan kekayaan sumber daya kelautan untuk pertumbuhan ekonomi berpotensi mengganggu kelestarian laut.

Eksploitasi yang berlebihan telah mengakibatkan degradasi sumber daya kelautan yang mengkhawatirkan, termasuk kerusakan hutan bakau dan terumbu karang, berkurangnya sedian ikan, dan kepunahan berbagai keanekaragaman hayati laut.

Manajemen Pemberdayaan Wilayah Pesisir merupakan solusi untuk pengelolaan wilayah pesisir terpadu yang menerapkan kegiatan-kegiatan kongkrit berbasis masyarakat di daerah untuk meningkatkan pengelolaan berkelanjutan sumber daya laut dan pesisir.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Identifikasi isu dan permasalahan pengelolaan sumber daya di wilayah pesisir

Upaya ini untuk lebih memberikan gambaran langkah-langkah apa saja yang akan menjadi prioritas rencana pengelolaan kawasan dalam menunjang perumusan renstra kawasan yang terkait dengan pengelolaan sumber daya.
  • Pengkajian tentang potensi dan tingkat (status) pembangunan kawasan wilayah pesisir saat ini yang meliputi semua kegiatan pembangunan perikanan, pertanian, perhubungan, pariwisata, pertambangan dan energi, industri kelautan (perkapalan, ocean and coastal engineering), konservasi, dan lain-lain.
  • Analisis pembandingan (gap analysis) antara potensi dan tingkat pembangunan tersebut, akan menghasilkan informasi tentang peluang potensial proyeksi pembangunan wilayah pesisir.
  • Pengkajian proyeksi permintaan terhadap sumber daya alam, jasa-jasa kelautan dan energi atas dasar karakteristik dan dinamika permintaan pasar, baik pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun global.
  • Analisis pertumbuhan untuk memberikan arahan rencana strategis pengembangan wilayah pesisir, baik secara keseluruhan (aggregate) maupun per sektor kegiatan.
  • Atas dasar runtun analisis di atas, maka akan dirumuskan Rencana Strategis Pengembangan Wilayah Pesisir yang disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan daerah.

Pelaksanaan

SUCOFINDO memiliki tenaga ahli yang kompeten, berpengalaman dan dalam jumlah yang memadai untuk melakukan kegiatan:
  • Inventarisasi dan survei data topografi, hidrologi, meteorologi, potensi sumber daya pesisir laut, sosial ekonomi, serta lingkungan.
  • Kajian dan analisis penyebaran dan kondisi ekosistem pesisir, laut, mitigasi alam, ekonomi, dan sosial budaya wilayah pesisir.
  • Analisis terhadap rencana tata ruang wilayah pesisir serta kecenderungan kegiatan tata guna lahan yang berkembang.
  • Analisis fungsi sarana dan prasarana perikanan, pariwisata dan sumber daya kelautan lainnya.
  • Penyusunan konsep rencana aksi pengelolaan wilayah pesisir dan sosialisasinya kepada para pemangku kepentingan.

Manfaat

  • Dimilikinya SDM (instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan organisasi profesi) di provinsi dan kabupaten/kota yang memperhatikan dan memiliki kesadaran terhadap kondisi wilayah pesisir.
  • Dimilikinya dokumen Perencanaan dan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut secara berkelanjutan di provinsi-provinsi berupa Renstra.
  • Tersedianya informasi dan data-data sumber daya pesisir dan laut (seperti rencana zonasi, rencana pengelolaan serta peta-peta tematis pesisir dan laut) yang mudah diakses.
  • Terwujudnya ekosistem wilayah pesisir yang terjaga dan berkelanjutan.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 dan dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta didukung laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi asing yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies) dan merupakan anggota AISI (Asosiasi Independen Surveyor Indonesia). SUCOFINDO berakreditasi BSN/ILAC (International Laboratory Accreditation Commission), ISO 17020 dan ISO 17025, serta bersertifikat ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email
     

Hubungi Kami

Kantor Pusat

Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id