Layanan Pelatihan

Pelatihan Minyak Sawit Lestari (Sustainable Palm Oil, SPO)

SUCOFINDO meningkatkan pemahaman akan produksi CPO yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

TANTANGAN BISNIS

Beberapa tahun terakhir ini minyak sawit menjadi sorotan dunia, karena banyaknya isu di pasar Internasional mengenai permasalahan lingkungan yang ditimbulkan oleh perkebunan kelapa sawit.

Salah satunya, perkebunan kelapa sawit dianggap sebagai produk yang tidak berkelanjutan dan tidak ramah lingkungan. Sebagian tuduhan adalah bahwa perkebunan kelapa sawit berasal dari konversi hutan.

Tudingan lain adalah kerusakan lingkungan karena berkurangnya daerah tangkapan air dan pencemaran pengairan dan lingkungan akibat penggunaan pupuk. Untuk itu, agar dapat diterima di pasar internasional minyak sawit yang diproduksi haruslah produk yang berkelanjutan (sustainable) serta ramah lingkungan.

Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) adalah asosiasi yang dibentuk oleh tujuh sektor dalam industri minyak sawit mulai dari pekebun, produsen minyak sawit sampai kepada pendana dan LSM.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan pengembangan dan penggunaan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan dengan kerjasama di antara mata-mata rantai penyedia produksi dan dialog terbuka dengan para pemangku kepentingan lainnya. Sebagai bukti penerapan RSPO, dilakukan audit dan sertifikasi oleh pihak ketiga yang independen yang berperan sebagai lembaga sertifikasi.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pelatihan

Sertifikasi RSPO dapat disebut sebagai standar internasional bagi ‘legalitas CPO’ ramah lingkungan, di mana yang menjadi tanggung jawab besar dalam menerapkan sistem ini adalah dengan memperhatikan aspek-aspek finansial, lingkungan/ekologi, dan sosial.

Pelatihan RSPO memberikan pemahaman tentang seluk-beluk yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan dan hal-hal teknis terkait dengan upaya penerapan menuju perolehan sertifikat RSPO.

Manfaat

  1. Mendapatkan pemahaman interpretasi Prinsip & Kriteria RSPO;
  2. Mendapatkan pemahaman mengenai peraturan perundangan yang mengatur RSPO;
  3. Mengetahui strategi-strategi yang efektif dalam penerapan RSPO;
  4. Menambah wawasan dengan adanya diskusi studi kasus dengan organisasi lain.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956 dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta didukung laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jaringan
Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.

Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya. Instruktur memiliki kompetensi dibidang RSPO, Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan dan Keselamatan Kerja dengan kualifikasi: IRCA Register in Quality, Environment and Safety Management System Lead Auditor dan RSPO Register.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PELATIHAN

  1. Materi pelatihan :

    • Prinsip & Kriteria RSPO;
    • Peraturan Perundangan berkaitan dengan RSPO;
    • Strategi menerapkan RSPO.
       
  2. Metode pelatihan berupa

    • Kuliah,
    • Lokakarya, dan
    • Studi kasus-kasus.

    Materi disajikan dalam bahasa Indonesia, objek studi kasus berasal dari organisasi peserta pelatihan, setiap kasus diselesaikan secara kelompok dan dipresentasikan.

  3. Peserta :
    Para wakil manajemen, koordinator ISO/Manajer (Mutu, Lingkungan atau K3, Manajer kebun, Manajer PKS, Internal Audit Coordinator, dll

  4. Waktu pelaksanaan : 2 hari kerja

  5. Pelaksanaan pelatihan dapat dilakukan secara public dan inhouse training.
Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email