Industri Produk Konsumen

Pengujian EMC (Electromagnetic Compatibility)

SUCOFINDO memastikan keamanan gelombang elektromagnetik pada produk listrik dan elektronik.

TANTANGAN BISNIS

Produk listrik dan elektronik dapat memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dan kinerja peralatan listrik di sekitarnya sehingga pasar dunia meregulasi batasan maksimum gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari produk listrik dan elektronik.

Untuk memasuki pasar global, produsen peralatan listrik dan elektronik Indonesia  harus menghasilkan produk yang lulus dalam uji EMC (Electromagnetic Compatibility).
Kehadiran laboratorium uji yang independen SUCOFINDO dapat membantu terjaminnya aspek keamanan ini.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

SUCOFINDO mampu melakukan pengujian EMC atas produk listrik dan elektronik untuk produk audio video, seperti elektronik organ, DVD Player, televisi, kWh meter, peralatan IT dan sebagainya dengan mengacu kepada standar: IEC, EN, FCC, CISPR, DEN AN HOU, dan sebagainya.

Parameter Pengujian EMC terdiri dari atas:

  • EMC Emission Testing
    Yaitu pengujian untuk mengukur interferensi elektromagnetik (EMI) yang dipancarkan oleh peralatan, produk listrik dan elektronika, baik secara mandiri atau sistem (Emmission Conducted Testing dan Emission Radiation Testing ).
  • EMC Immunity Testing
    Yaitu pengujian untuk mengukur kemampuan suatu peralatan atau produk listrik menahan gangguan elektromagnetik (Electric Fast Transient/Burst Test, Electro Static Discharge, Surge Immunity Test).

    Selain sebagai pelaksanaan pengujian, Laboratorium SUCOFINDO dapat pula berperan sebagai mitra dalam proses pengembangan produk.

Pelaksanaan

SUCOFINDO melayani jasa pengujian sesuai dengan regulasi nasional dan internasional, maupun persyaratan internal produsen (in-house method), meliputi:
  • Survei terhadap produk yang sudah siap diekspor atau dipasarkan dengan mengambil sampel untuk pengujian dan referensi.
  • Pengujian sampel di laboratorium mengacu pada standar yang disepakati.
  • Penerbitan laporan/sertifikat.

Manfaat

  • Memperoleh kepastian bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan standar keamanan.
  • Mengurangi risiko ditariknya produk dari pasar karena tidak memenuhi persyaratan standar keamanan.
  • Melindungi reputasi perusahaan dan merek produk.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
Laboratorium SUCOFINDO adalah laboratorium komersial pertama di Indonesia yang dapat melakukan pengujian EMC untuk produk listrik dan elektronik.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki 44 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Di luar Indonesia, kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), dan berakreditasi sistem mutu ISO/IEC 17025 oleh KAN-BSN/ILAC (International Laboratory Accreditation Commission) MRA, serta telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Selain itu, operasi SUCOFINDO terakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025, serta bersertifikat ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email