Industri Bahan Tambang dan Galian

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

SUCOFINDO menjaga keberlangsungan usaha melalui pengelolaan lingkungan yang baik.

TANTANGAN BISNIS

Tuntutan pasar terhadap persyaratan minimal pengelolaan lingkungan, keharusan pemenuhan peraturan pemerintah, serta untuk menghindari timbulnya protes masyarakat setempat terhadap kerusakan kualitas lingkungan menjadi tantangan yang dapat mengancam keberlanjutan usaha atau kegiatan.

SUCOFINDO menyediakan jasa yang komprehensif di bidang lingkungan serta pengalaman yang memadahi dalam rangka memberikan solusi kebutuhan pelanggan untuk berbagai kepentingan diantaranya pemenuhan persyaratan pasar, pemenuhan peraturan pemerintah, dan kebutuhan khusus misalnya kepentingan internal, bina lingkungan, atau terkait dengan kasus pencemaran.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Untuk bisa memperbaiki dan menjaga kinerja pengelolaan lingkungan diperlukan penanganan yang baik dan berkelanjutan.

Proses ini dimulai dengan rona awal, yaitu mengumpulkan data dan informasi sebelum ada kegiatan, yang selanjutnya digunakan sebagai acuan. Kemudian, perencanaan pengelolaan lingkungan disusun dan dilaksanakan, dan pemantauan kualitas lingkungan secara periodik digunakan sebagai acuan untuk perbaikan yang terus menerus.

Pelaksanaan

Pendekatan kondisi dan pendekatan kebutuhan pelanggan merupakan hal penting yang kami gunakan, yang umumnya mengacu kepada 5 tahap kegiatan perusahaan

  1. :Tahap awal kegiatan
  2. Jasa Environmental Assesment and Study
    Yang mencakup baseline study dan studi kelayakan lingkungan yang bertujuan untuk memberikan masukkan awal bagi pemilik usaha/kegiatan untuk menentukan prospek usahanya.
  3. Jasa AMDAL
    Yang merupakan jasa kajian lingkungan yang lebih dalam untuk memenuhi persyaratan peraturan pemerintah dan keberlanjutan proses perijinan yang ditetapkan.
  4. Tahap Pra-Konstruksi
    Pada tahap ini, jasa pemantauan kualitas lingkungan dilakukan terhadap potensi dampak kegiatan yang muncul akibat aktivitas pra-konstruksi, termasuk kondisi dan persepsi masyarakat setempat.
  5. Tahap Konstruksi
    Pada tahap ini, jasa pemantauan kualitas lingkungan dilakukan terhadap potensi dampak kegiatan yang muncul akibat aktivitas konstruksi, termasuk kemungkinan gangguan kesehatan masyarakat, persepsi masyarakat setempat, serta situasi kritis yang kemungkinan terjadi pada tahap tersebut.
  6. Tahap Operasiona
    l
    Pada tahap ini, jasa pemantauan kualitas lingkungan dilakukan terhadap potensi dampak kegiatan yang muncul akibat aktivitas operasional serta pemenuhan persyaratan baku mutu lingkungan terhadap aspek yang dipantau, termasuk kemungkinan gangguan kesehatan masyarakat, persepsi masyarakat setempat, dan situasi kritis yang kemungkinan terjadi pada tahap tersebut.
    Jasa lain, misalnya kajian khusus terkait kasus pencemaran dan protes masyarakat, juga tersedia. Tahap Pasca
  7. Operasional
    Pada tahap ini, jasa pemantauan kualitas lingkungan dilakukan terhadap potensi dampak kegiatan yang muncul dalam kurun waktu yang lama setelah kegiatan berhenti (untuk jenis kegiatan tertentu). Jasa ini juga mencakup aspek sosial kemasyarakatan, seperti proses pemberhentian hubungan kerja serta status program bina lingkungan.

Manfaat

  • Memberikan masukan yang tepat dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang baik.
  • Memenuhi persyaratan peraturan pemerintah yang berlaku, baik yang terkait dengan pemenuhan perijinan maupun kepatuhan pemenuhan standard kualitas lingkungan yang ditetapkan.
  • Mengurangi risiko kerugian usaha akibat protes dan tuntutan masyarakat terhadap perubahan kualitas lingkungan yang terjadi.
  • Meningkatkan citra perusahaan dan kepercayaan pelanggan.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 dan didukung laboratorium komersial yang terbesar di Indonesia. SUCOFINDO juga merupakan salah satu perusahaan perintis yang bergerak di bidang lingkungan di Indonesia.

Jaringan
Kami memiliki 44 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Di luar Indonesia, kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional IFIA (International Federation of Inspection Agencies), berakreditasi BSN/ILAC (International Laboratory Accreditation Commission), ISO 17020, dan ISO/IEC-17025, serta bersertifikasi ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email