Berita Terkini
Share on Facebook

           

           

Thu, 21 June 2012 12:27:13 +0700
R I Eksportir Sawit Terbesar

Indonesia dan Malaysia masih mendominasi produksi minyak sawit dunia dengan kontribusi 85 persen dari seluruh pasokan global. Hal ini mempertegas kepentingan Indonesia dan Malaysia secara strategis dalam sektor minyak nabati.

 

Rabobank Associate Director of Food and Agribusiness Research and Advisory (FAR), Pawan Kumar mengatakan hal itu saat presentasi hasil studi minyak sawit berjudul "Palm Oil Outlook-Palm the Leader of the Pack" di Jakarta, Rabu (20/6).

Ia mengatakan, produksi dan ekspor sawit Indonesia telah melampaui Malaysia sejak beberapa tahun terakhir sekaligus mencatatkan Indonesia sebagai produsen dan eksportir sawit terbesar dunia.

Pihaknya mencatat produksi global minyak sawit telah meningkat dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir.
Pertumbuhan terbesar terjadi di Indonesia dan Malaysia yang memberikan kontribusi 85 persen dari seluruh pasokan global.

Indonesia, kata dia, mengkontribusikan 48 persen dari total volume produksi minyak sawit dunia sedangkan Malaysia sebesar 37 persen.

Malaysia dan Indonesia memproduksi 17 juta ton dan 22,2 juta ton CPO pada 2010, sementara tingkat pertumbuhan produksi sawit Indonesia rata-rata 11 persen dalam 10 tahun terakhir sedangkan Malaysia 4 persen dalam satu dekade terakhir. "Lebih dari 96 persen produksi minyak sawit Indonesia berasal dari Sumatera sebesar 78 persen dan Kalimantan 18 persen," katanya. ran/E-3

sumber http://koran-jakarta.com