Berita Terkini
Share on Facebook

           

           

Wed, 06 June 2012 07:13:18 +0700
Pemkab Inhu Segera Laksanakan Program e-KTP

Walau sempat tertunda, akhirnya pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) segera melaksanakan program elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP). Selasa (5/6/12).

 

Sekretaris dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Inhu Aprijon Rizal kepada riauterkini.com di Pematang Reba mengatakan, pelaksanaan program E-KTP ini akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Untuk itu pihaknya pada tanggal 6 - 7 Juni 2012 melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap tenaga operator yang disiapkan.

"Bimtek ini dilaksanakan oleh konsorsium Sucofindo yang ditunjuk oleh Depdagri, untuk melatih 56 orang tenaga operator yang telah disiapkan. Dimana nantinya setiap kecamatan akan dilayani oleh 4 orang tenaga operator yang sudah dilatih," ujarnya.

Ditambahkanya, molornya pelaksanaan E-KTP dari target yang ditetapkan pada 1 Februari 2012 disebabkan terkendalanya kedatangan peralatan dari Depdagri. "Peralatan dari Depdagri yang dipasok konsorsium Quadra baru kemarin datangnya, pemasangan akan dilakukan selama seminggu. Setelah itu kita langsung action dengan melakukan launching perdana oleh Bupati Inhu di kecamatan Rengat," ungkapnya.

Disdukcapil Inhu menghimbau masyarakat untuk segera mengganti KTP yang ada dengan E-KTP seusai pencanangan, mengingat peralatan iris mata, sidik jari digital dan perangkat lainya sudah tersedia. "Dalam program E-KTP pada 2012 ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, namun pada 2013 E-KTP ini tidak lagi gratis. Masyarakat wajib membayar biaya yang ditetapkan," jelasnya. ***(guh)

sumber http://www.riauterkini.com