Tata Kelola
Sistem Manajemen Mutu SUCOFINDO
Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses produksi serta mutu layanannya, SUCOFINDO melakukan peninjauan secara berkala atas prosedur-prosedur sistem manajemen agar secara berkesinambungan tercipta perbaikan efektifitas dan efisiensi proses kerja.

Penerapkan sistem manajemen mutu tidak lepas dari induk penerapan sistem manajemen perusahaan yang ditetapkan dalam Peraturan Perusahaan No. 1/PP/2004 tentang Sistem Manajemen SUCOFINDO (SMS).

Penerapan SMS yang konsisten berlandaskan people excellence akan mendukung terciptanya budaya kerja kondusif dan memudahkan pengembangan organisasi sehingga SUCOFINDO dapat mempertahankan posisi kompetitifnya melalui core competency yang dimiliki secara berkesinambungan.

Efektifitas pelaksanaan SMS diukur dengan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence yang diprogramkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).
Dalam pengelolaan manajemen mutu, Perusahaan telah menerapkan standar manajemen mutu ISO 9001 di seluruh unit kerja. Untuk pemastian kesesuaian penerapannya, Corporate Quality Management melakukan audit mutu internal secara berkala.

Selain menjadi kebutuhan dalam menata sistem manajemen perusahaan, sertifikasi juga merupakan upaya pemenuhan tuntutan pelanggan. Penerapan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2000 di lingkungan SUCOFINDO telah dilakukan sertifikasi terhadap 5 SBU dan 12 Kantor Cabang.

Akreditasi Badan Inspeksi dan Laboratorium Pengujian
SUCOFINDO sebagai Badan Inspeksi maupun Laboratorium Pengujian Pihak Ketiga senantiasa dituntut independensi dan kemampuannya dalam melaksanakan kegiatan inspeksi dan pengujian sesuai dengan persyaratan-persyaratan standar dan ketentuan yang berlaku. Untuk menjamin kesesuaian tersebut SUCOFINDO telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Akreditasi terdiri dari Akreditasi ISO 17020 dan ISO 17025. Untuk ISO 17020 meliputi tiga SBU yaitu SBU Industrial and Consumer Products, SBU Engineering and Transportation Services, dan SBU Mineral Services. Sedangkan Akreditasi 17025 telah diterapkan pada 11 (sebelas) laboratorium pengujian dan 1 (satu) laboratorium kalibrasi.

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan upaya Perusahaan dalam melindungi pekerjanya dengan menyediakan lingkungan, sarana dan prasarana kerja yang aman dan sehat.

Penerapan SMK3 diberlakukan di seluruh titik layanan dan dilakukan audit internal secara berkala. Untuk mengukur efektifitasnya, penerapan SMK3 di lingkungan SUCOFINDO juga disertifikasi oleh Departemen Tenaga Kerja RI.
Hingga tahun 2008, Sertifikasi SMK3 telah diterapkan di 13 (tiga belas) kantor terdiri dari kantor pusat dan kantor cabang dengan perolehan pencapaian penerapan katagori bendera emas pada 11 (sebelas) kantor dan bendera perak untuk 2 (dua) kantor.

Budaya Kerja 5S dan Perbaikan Proses Kerja
Sebagai pendukung penerapan sistem manajemen mutu dan keselamatan dan kesehatan kerja, SUCOFINDO memiliki program housekeeping dengan menerapkan budaya 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Sitsuke) yakni budaya ringkas, rapih, resik, rawat, rajin di seluruh unit kerja baik di kantor pusat maupun kantor cabang.
***END OF PAGE***
Hubungi Kami

Kantor Pusat

Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id