Tata Kelola
Laporan Komite Audit
Komite Audit pada PT SUCOFINDO (Persero) telah terbentuk sejak tahun 2000. Untuk Periode tahun 2012 susunan keanggotaan Komite Audit adalah sebagai berikut:
Ketua        : Sumyana Sukandar
         
Anggota    :
  •  Muhdi Al Fajar
  •  Ichwandi Kusma

Tugas Komite Audit antara lain:
  • Membantu Komisaris untuk memastikan efektivitas sistem pengendalian intern dan efektivitas pelaksanaan tugas auditor eksternal dan auditor internal;
  • Menilai pelaksanaan kegiatan serta hasil audit yang dilaksanakan oleh Satuan Pengawasan Intern maupun auditor eksternal;
  • Memberikan rekomendasi mengenai penyempurnaan sistem pengendalian manajemen serta pelaksanaannya;
  • Memastikan telah terdapat prosedur review yang memuaskan terhadap segala informasi yang dikeluarkan BUMN;
  • Melakukan identifikasi hal-hal yang memerlukan perhatian Dewan Komisaris serta tugas-tugas Komisaris lainnya.

Komite Audit telah memiliki Piagam Komite Audit yang menjadi landasan kerja Komite Audit. Dalam Piagam tersebut telah diatur secara lebih rinci baik mengenai visi, misi, tujuan, sasaran kerja, dan tugas Komite Audit, maupun mengenai wewenang dan kode etik, serta tanggung jawab pelaporan, serta program pengenalan bagi anggota baru.

Selama tahun 2008, Komite Audit telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan program kerja tahun 2008, antara lain sebagai berikut:
  • Melakukan pertemuan internal Komite Audit bulanan untuk membahas draft laporan bulanan Komite Audit kepada Komisaris yang antara lain berisi evaluasi Komite Audit atas kinerja bulanan, triwulan, dan tahunan Perusahaan, dan permasalahan lain yang membutuhkan perhatian Dewan Komisaris yang akan dipresentasikan kepada Dewan Komisaris.
  • Melakukan rapat bulanan dengan Dewan Komisaris untuk mempresentasikan dan membahas laporan bulanan Komite Audit Kepada Dewan Komisaris.
  • Melakukan tiga kali pertemuan dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) Doli, Bambang Sudarmadji & Rekan yang menjadi auditor eksternal untuk melakukan audit atas laporan keuangan tahun 2007. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut dibahas kecukupan dan kelengkapan rencana kerja audit yang akan dilakukan, independensi auditor eksternal, kecukupan program audit yang dilaksanakan, berbagai temuan dan koreksi yang disajikan oleh KAP. Dalam tahap pelaporan hasil audit auditor eksternal, Komite Audit telah melakukan review terhadap draf laporan auditor ekternal. Review dilakukan untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang telah diaudit telah disajikan secara wajar sesuai dengan standar akuntansi keuangan dan temuan-temuan auditor eksternal tersebut telah ditindaklanjuti oleh manajemen. Hasil review selanjutnya dibahas bersama dengan KAP dan Divisi Kekuangan dan Akuntansi (KAK).
  • Melakukan rapat kerja tiga bulanan dengan Satuan Pengawasan Internal (SPI) untuk membahas Program Kerja Audit Tahunan (PKAT), Laporan Hasil Pemeriksaan (Kasus/Khusus) dan Laporan Hasil Audit (Rutin) SPI, dan Laporan Berkala SPI. Dalam rapat-rapat tersebut Komite Audit telah memberikan pertanyaan, saran dan komentar atas PKAT dan Laporan-Laporan SPI serta melakukan klarifikasi atas hasil-hasil audit SPI tersebut.
  • Melakukan analisis dan evaluasi terhadap laporan keuangan dan laporan kegiatan usaha bulanan tahun 2008 dan menyampaikan hasilnya dalam laporan bulanan Komite Audit kepada Komisaris.
  • Melakukan review, analisis, dan evaluasi terhadap Laporan Keuangan dan Laporan Manajemen Triwulan I, II, dan III tahun 2008 dan Laporan Keuangan dan Laporan Manajemen Tahunan tahun 2007 dan menyampaikan hasilnya kepada Komisaris.
  • Melakukan review, analisis, dan evaluasi terhadap Laporan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Triwulan I, II, dan III tahun 2008 dan Laporan PKBL Tahunan tahun 2007 dan menyampaikan hasilnya kepada Komisaris.
  • Melakukan rapat kerja dengan Divisi KAK untuk membahas berbagai masalah keuangan seperti laporan keuangan, budget control, piutang usaha, kecukupan SDM Business Support, transaksi valuta asing, perpajakan serta pembahasan kinerja pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
  • Melakukan kunjungan kerja ke Cabang Pekanbaru, Banjarmasin, dan Samarinda untuk mereview kinerja cabang-cabang tersebut dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di cabang-cabang tersebut serta melaporkan hasilnya kepada Komisaris.
  • Melakukan rapat kerja dengan SBU Mineral untuk membahas kinerja SBU Mineral tahun 2007 dan membahas permasalahan-permasalahan yang timbul dalam operasional SBU Mineral.
  • Melakukan analisis, evaluasi, dan review terhadap berbagai hal yang diminta oleh Direksi untuk mendapatkan persetujuan Dewan Komisaris, antara lain tentang penyempurnaan struktur organisasi, permintaan pinjaman jangka pendek kepada Bank/Lembaga Keuangan lainnya, dan mengenai usul penghapusan Aktiva Tetap Bergerak.

Berdasarkan hasil penelaahan dan pembahasan dalam pertemuan-pertemuan yang telah dilakukan seperti tersebut di atas, Komite Audit berpendapat bahwa:
  • Sepanjang pengetahuan terbaik yang dimiliki, Komite Audit tidak mengetahui akan adanya ketidaktaatan Perusahaan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku pada tahun 2008.
  • Sepanjang pengetahuan terbaik yang dimiliki, Komite Audit tidak mengetahui akan adanya kesalahan yang material dalam penyajian laporan keuangan dan laporan keuangan telah disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia dan telah diaudit oleh Akuntan Publik yang Independen.
  • Perusahaan telah memiliki sistem pengendalian intern yang memadai untuk meyakinkan akurasi laporan keuangan, melindungi aset, meningkatkan efisiensi, dan meyakinkan kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Komite Audit juga telah menyampaikan laporan, saran dan catatan atas berbagai aktivitas perusahaan yang perlu mendapatkan perhatian Dewan Komisaris dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasannya serta dalam memberikan nasehat kepada Direksi.

Komite Audit


Sumyana Sukandar
       Ketua



Hubungi Kami

Kantor Pusat

Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id