Usaha Transportasi dan Pariwisata

Pengendalian Rayap

Sucofindo memitigasi Risiko Kerugian Akibat Serangan Rayap

TANTANGAN BISNIS

Kerugian yang disebabkan oleh serangan rayap secara global menunjukkan angka yang fantastis. Serangan rayap tidak mengenal tingkat kemakmuran suatu bangsa. Kerusakan dapat terjadi pada bangunan, dan barang-barang berbahan selulosa seperti furnitur, dokumen dan media di sekitarnya, serta pepohonan dan hutan.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Termite control adalah kegiatan mengendalikan aktivitas rayap. Saat ini terdapat dua cara pengendalian aktifitas rayap:

  1. Chemical barrier
    Keseluruhan bangunan dilindungi dengan pemberian termitisida (pestisida anti rayap) pada tanah tapak bangunan. Bagian bangunan yang terbuat dari kayu direndam atau disemprot dengan larutan termitisida. Terdapat dua cara aplikasi chemical barrier:
  • Pra-konstruksi: aplikasi pada tanah dimulai sebelum pembuatan pondasi sampai menjelang pemasangan lantai bangunan. Kayu bahan bangunan direndam atau dioles dengan larutan pestisida.
  • Pasca-konstruksi: aplikasi dilakukan pada bangunan yang telah jadi. Lantai bangunan dibor untuk menyuntikan termitisida ke dalam tanah di sepanjang pondasi bangunan. Bagian bangunan yang terbuat dari kayu dan tidak dicat dioles atau disemprot dengan larutan termitisida.
  1. Baiting
    Membasmi koloni rayap menggunakan umpan yang mengandung bahan pengganggu metabolisme rayap. Cara ini bersifat kuratif. Pengumpanan akan efektif jika telah ditemukan jalur kembara atau sarang rayap. Tidak ada efek residual pada pengumpanan (baiting). Rayap dapat muncul kembali karena masuknya anggota koloni lain yang bersarang di lahan tetangga, atau ada pasangan laron jantan dan betina dari tempat lain yang berhasil membentuk koloni baru

Manfaat

  1. Chemical barrier menghambat gerak rayap ke lokasi yang dilindungi. Cara ini efektif sebagai pencegahan dan dilakukan sebelum serangan rayap benar-benar terjadi. Penggunaan termitisida tidak secara langsung membasmi koloni rayap namun menghambat gerak mereka. Perendaman atau penyemprotan permukaan kayu dengan termitisida juga melindungi kayu dari serangan serangga perusak kayu yang lain, seperti kumbang penggerek kayu kering atau hama bubuk kayu.
  2. Baiting bertujuan melenyapkan koloni rayap sehingga lokasi di sekitarnya benar-benar bebas dari keberadaan serangga ini.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956, dan pelopor dalam jasa fumigasi di Indonesia.SUCOFINDO menerbitkan jaminan efektifitas chemical barrier selama 5 tahun untuk perlakuan prakonstruksi dan selama 3 (tiga) tahun untuk perlakuan pasca konstruksi. SUCOFINDO akan melakukan tindakan koreksi jika ditemukan serangan rayap pada bangunan yang dilindungi selama masa jaminan.

Jaringan
Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan internasional.

Jasa Sesuai Kebutuhan Pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, 17025 dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

SUCOFINDO sangat peduli pada kelestarian lingkungan hidup. Termitisida yang digunakan adalah yang telah disetujui oleh Komisi Pestisida RI. Selain aplikasi termitisida, kami –bila sesuai– merekomendasikan pengendalian rayap dengan sistem pengumpanan yang tahapannya adalah sbb.:
  • Survei pendahuluan untuk mengetahui spesies rayap
  • Percobaan sistem pengumpanan
  • Evaluasi dan analisis
  • Penerapan sistem pengumpanan, bila sesuai
  • Evaluasi periodik dan tindak lanjut

    Catatan:
    Beberapa spesies rayap tidak tertarik pada umpan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Kapan termite control dilaksanakan?
    Sebaiknya termite control menjadi bagian dari perencanaan bangunan. Dengan demikian anggaran dan jadwal konstruksi sudah memasukkan kegiatan termite control. Sebagai upaya pencegahan, chemical barrier sebaiknya dilaksanakan preconstruction. Setelah masa jaminan berakhir (5 tahun) dilakukan boosting dengan aplikasi post-construction dan diulang lagi setiap 3 tahun. Baiting hanya bermanfaat jika telah ditemukan jalur kembara atau sarang rayap.
  2. Berapa lama waktu diperlukan untuk pelaksanaan termite control?
    1. Preconstruction dilaksanakan mulai saat menggali tanah untuk pondasi dan terus mengikuti perkembangan bangunan.
    2. Post-construction diawali dengan pengeboran lantai bangunan, diikuti dengan penyuntikan emulsi termitisida dan penyumbatan lubang bor dengan semen dilanjutkan dengan perlakuan pada kayu yang tidak dicat. Waktu kerja bergantung pada kesiapan penghuni, panjang pondasi dan aksesibilitas serta kerumitan struktur kayu.
    3. Baiting diawali dengan survey diikuti dengan pemasangan umpan dan dilanjutkan dengan monitoring secara berkala. Lamanya pengumpanan bergantung pada populasi dan agresivitas rayap. Umpan yang dipasang dapat tidak efektif karena beberapa hal, antara lain:
      • Umpan tidak dipasang pada jalur kembara atau rayap berpindah jalur kembara.
      • Umpan yang dipasang terganggu oleh getaran, benda-benda yang bergerak atau sering disentuh.
      • Umpan terkontaminasi bahan kimia atau pernah dilakukan penyemprotan bahan kimia termasuk pestisida di sekitar lokasi pemasangan umpan.
      • Ada species rayap yang tidak menyukai umpan
  3. Apa yang harus dipersiapkan?
    1. Pra konstruksi: denah bangunan dan jadwal pelaksanaan konstruksi serta informasi kepada kontraktor pelaksana konstruksi.
    2. Pasca konstruksi: denah bangunan terutama jalur pipa dan kabel-kabel bawah tanah serta mengatur perabot rumah tangga guna memberi kemudahan pada para pelaksana.
    3. Baiting: informasi lokasi serangan dan jalur kembara rayap.
Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email
     

Hubungi Kami

Kantor Pusat

Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id