Industri Produk Konsumen

Pengujian Keamanan Mainan

Sucofindo melindungi Anak dari Bahaya Pemakaian Mainan yang Tidak Layak

TANTANGAN BISNIS

Keamanan mainan merupakan tuntutan konsumen yang mendasar  terutama para orang tua yang akan memberikan mainan dan produk lainnya yang berhubungan, seperti kemasannya dan sebagainya kepada anak.

Negara-negara maju seperti AS, Kanada, Eropa, Australia dan Jepang menerapkan persyaratan ketat tentang keamanan mainan yang diperdagangkan di negaranya.

Kegagalan memenuhi persyaratan ini menyebabkan pelarangan beredarnya produk tersebut di pasar , diantaranya karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan konstruksi mainan tidak memenuhi persyaratan keamanan.

Persyaratan keamanan mainan terus berkembang menjadi semakin ketat, sehingga mengharuskan para produsen untuk selalu mengawasi keamanan produk mainannya. Kehadiran laboratorium uji yang independen dapat membantu terjaminnya aspek keamanan ini.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Laboratorium SUCOFINDO sebagai salah satu laboratorium mainan pertama dan terlengkap di Indonesia, telah menjadi mitra perusahaan mainan/ boneka dalam memberikan jasa pengujian kualitas bahan baku  dan produk jadi dengan mengacu kepada  regulasi internasional seperti European Norm (EN), American Society for Testing and Materials (ASTM), British Standard, Canadian Standard, Australian Standard, dan standard internasional lainya.

Jasa pengujian mainan yang dilakukan oleh SUCOFINDO adalah pengujian secara fisik dan mekanik, flammability test, heavy element ( total and soluble ) dan analisis parameter safety lainnya seperti : azo dyes testing , phathalate testing, analisis cleanliness, analisis RoHS, dan lain-lain.

Manfaat

  1. Mencegah risiko penarikan produk gagal (product recall) atau produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan tidak memenuhi standar keamanan masuk ke pasaran sehingga mengurangi resiko penarikan produk (product recall) yang dapat mengakibatkan pengeluaran biaya yang besar;
  2. Memelihara reputasi perusahaan dimata pelanggan karena produk yang beredar memenuhi standar keamanan;
  3. Memastikan bahwa produk memenuhi regulasi yang berlaku.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
Laboratorium SUCOFINDO  adalah laboratorium pertama di Indonesia yang dapat melakukan pengujian mainan. Pada awal tahun 1990-an laboratorium mainan SUCOFINDO memperoleh akreditasi dari NATA Australia dan sejak tahun 2003 memperoleh akreditasi Komite Akreditasi Nasional Badan Standardisasi  Nasional (KAN BSN).             

Jaringan
Kami memiliki 44 laboratorium  yang tersebar di seluruh Indonesia. Di luar Indonesia, kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan
SUCOFINDO  adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), dan berakreditasi sistem mutu ISO/IEC 17025 oleh KAN-BSN/ILAC (International Laboratory Accreditation Commission) MRA dan telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

PELAKSANAAN PEKERJAAN

SUCOFINDO melayani jasa pengujian sesuai dengan regulasi nasional dan internasional atau persyaratan internal customer seperti :
  1. pengujian bahan baku sebelum proses produksi;
  2. pengujian selama produksi;
  3. pengujian produk jadi (finished product).


Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email
     

Hubungi Kami

Kantor Pusat

Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id