Layanan Konsultasi

Pengembangan Sistem Informasi Terpadu

SUCOFINDO menjamin kualitas data dan informasi.

TANTANGAN BISNIS

Kemajuan di bidang teknologi dan informasi memberikan banyak kemudahan, namun juga menimbulkan banyak tuntutan dari para pemangku kepentingan, misalnya transparansi informasi, ketersediaan informasi, serta layanan informasi yang lengkap dan gampang diakses.

Di bidang pemerintahan, sistem informasi terpadu dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, menyajikan data yang dimiliki pemerintah, memantau efektivitas regulasi/kebijakan, merencanakan pembangunan daerah secara terpadu, serta membantu penerapan good governance.

Sementara di sektor bisnis, keberadaan teknologi informasi bertindak sebagai business enabler dalam peningkatan kinerja dan peningkatan transparansi dalam penerapan good corporate governance.

SUCOFINDO berpengalaman untuk mengembangkan sistem informasi, mulai dari tahap identifikasi kebutuhan, pengembangan, pemastian efektifitas pelaksanaan, sampai dengan pengembangannya secara berkesinambungan.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Teknologi informasi di setiap organisasi perlu dikembangkan untuk bisa menjamin ketersediaan data dan informasi yang berkelanjutan, berkualitas, terkini dan mudah diakses.

SUCOFINDO mememiliki pengalaman luas dalam menyediakan jasa pengembangan sistem informasi terpadu, antara lain yang terkait dengan manajemen penanaman modal, perizinan penangkapan ikan, pemantauan kualitas lingkungan secara on-line, penerbitan Surat Keterangan Asal produk ekspor, dan penerbitan Single Identity Number di bidang kependudukan.

Pelaksanaan

Pengembangan sistem informasi terpadu oleh SUCOFINDO dalam lingkup yang luas akan didukung dengan peraturan-peraturan yang berlaku, serta data dan informasi yang dikumpulkan secara periodik oleh berbagai lembaga.
Kami menggunakan pendekatan kondisi dan pendekatan kebutuhan dengan metodologi system standard (system development live cycle) dan mengacu ke sesedikitnya 4 fungsi:
  1. Fungsi Operasional
    Sistem informasi yang dibangun harus mampu membantu pekerjaan operasional rutin sehingga mengurangi beban dan memudahkan penyelesaian pekerjaan serta meningkatkan kinerja. Dalam kaitan ini, komunikasi intensif dengan user sangat diperlukan.
  2. Fungsi Promosi
    Sistem informasi harus memuat data dan informasi program dan peningkatan kualitas hasil program pengelolaan yang disajikan secara informatif, terstruktur dan didukung oleh media interaktif/video atau dokumentasi lain. Sasaran fungsi promosi diantaranya pelanggan, auditor, pemerintah, masyarakat dan atau karyawan internal dalam konteks sosialisasi program.
  3. Fungsi Pengembangan
    Sistem informasi terpadu harus dapat dikembangkan sesuai perkembangan kebutuhan dengan dukungan trend data dan informasi yang dikumpulkan.
  4. Fungsi Penilaian Kinerja
    Sistem informasi didesain dengan kemampuan telusur dan konsistensi pengumpulan data dan informasi secara periodik sehingga kinerja pengelolaan lintas bagian dapat terukur dan terdokumentasikan dengan baik. Hal ini dapat membantu penilaian kinerja secara tepat baik bagi kepentingan internal maupun kepentingan program pemerintah.

Manfaat

  • Bagi kalangan pemrakarsa/usaha, sistem informasi terpada mempermudah perolehan data untuk dapat dijadikan faktor kajian kelayakan usaha, pemilihan jenis usaha, penganggaran biaya usaha, serta, meningkatkan kinerja pengelolaan usaha yang tentunya akan meningkatkan citra perusahaan.
  • Bagi pemerintah, sistem informasi memberikan kemudahan dalam melakukan pemantauan dan pengawasan wilayah, menyusun perencanaan dan melakukan penilaian kinerja dalam rangka penerapan keadilan berusaha, sekaligus mendukung pelaksanaan good governance, transparansi layanan publik dan peningkatan akuntabilitas.
  • Bagi masyarakat, sistem informasi memudahkan keterlibatannya untuk berperan aktif dalam menangani masalah dan berantisipasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan.
  • Bagi LSM/NGO dan pemerhati, sistem informasi memudahkan pemilihan prioritas kajian, penyaluran bantuan kepedulian di berbagai bidang.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. SUCOFINDO didirikan pada tahun 1956 dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jaringan
SUCOFINDO memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi asing yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO menawarkan solusi tepat dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan klien.

Pengakuan
SUCOFINDO melaksanakan inspeksi berdasarkan standar-standar internasional yang disepakati. SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional IFIA (International Federation of Inspection Agencies), telah terakreditasi ISO 17020 dan 17025 serta bersertifikat ISO 9001.

Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email