Inspeksi dan Audit

Inspeksi Pra-Pengapalan Ekspor

Sucofindo memfasilitasi Pemerintah berupa Informasi Perdagangan Internasional yang Akurat

TANTANGAN BISNIS

Pemerintah di berbagai negara membutuhkan informasi yang akurat atas realisasi ekspor dan atau impor guna memastikan kebenaran pungutan yang dilakukan terhadap kegiatan perdagangan internasional yang terjadi. Mengingat kegiatan dilakukan sebelum pengapalan, untuk pemeriksaan komoditas dan produk impor dilaksanakan di negara pengekspor. Untuk tujuan tertentu, batasan ruang lingkup dapat berupa jenis komoditas, batasan nilai tiap pengapalan atau batasan yang lain. Sebagai contoh, di Indonesia diterapkan Pre-shipment inspection (PSI) impor untuk komoditas gula, beras, dan beberapa produk lain, sedangkan untuk PSI ekspor diterapkan atas komoditi beras, kayu, dan rotan. SUCOFINDO telah sejak lama menjalin kemitraan global untuk pelaksanaan inspeksi di negara pengekspor.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

PSI atau pemeriksaan prapengapalan adalah kegiatan yang dilakukan sebelum dilaksanakannya pengapalan atas komoditas atau produk. Sesuai dengan ketentuan WTO, lazimnya penugasan pemeriksaan ini diberikan oleh pemerintah untuk keperluan pemantauan lalu lintas devisa dan penggunaan anggaran serta  kepabeanan. Pemeriksaan meliputi kesesuaiannya dengan yang tercantum dalam RIB (rencana impor barang) meliputi aspek kuantitas, harga dan penggolongan tarif pos atau nomor Harmonized System (HS), serta pemenuhan atas ketentuan yang berlaku.

Manfaat

  1. Meningkatkan efektivitas pemungutan bea dan pungutan yang lain;
  2. Memberikan data statistik yang akurat guna pengambilan keputusan oleh pemerintah;
  3. Sebagai langkah proaktif dalam mendeteksi suatu masalah ketidaksesuaian sebelum barang dikapalkan, sehingga bisa dilakukan perbaikan,  penyesuaian tarip pos atau bahkan penolakan sebelum dikapalkan;
  4. Sebagai konfirmasi tentang kuantitas, kualitas dan harga sebenarnya dari barang sebelum dikapalkan.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO  adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956 dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta didukung laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1986 SUCOFINDO menangani PSI, dan saat ini menangani beberapa jenis komoditas ekspor, antara lain: kayu dan bahan galian C, sedangkan komoditas impor antara lain: beras, gula, tekstil dan produk tekstil (TPT), baja, dan limbah non-B3.

Jaringan
Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan internasional.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan
SUCOFINDO  adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), dan memiliki akreditasi ISO 17020, 17025 serta sertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

  1. Untuk PSI ekspor, SUCOFINDO melaksanakan inspeksi berdasarkan permintaan eksportir dengan syarat ketentuan  yang berlaku telah dipenuhi.
  2. Untuk PSI impor, berdasarkan permintaan importir dan sesuai RIB (rencana impor barang), SUCOFINDO akan memproses inspeksi di negara pengekspor secara mandiri atau dengan bekerja sama dengan mitra di negara asal barang. Laporan akan berisi antara lain jumlah dan jenis barang, harga di negara asal dan nomor HS.
  3. Berdasarkan laporan dan bukti pelunasan kewajiban bea dan cukai, instansi bea dan cukai akan memberikan fiat muat untuk ekspor, dan ijin pengeluaran barang ke wilayah pabean untuk impor.


Hubungi Kami
Kantor Pusat
Graha Sucofindo 1st floor Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 34 Jakarta 12780
 
Telepon (021) 7983666 Ext. 1116, 1124
Fax (021) 7986473, 7983888
Email customer.service@sucofindo.co.id
     

 
Telepon
Fax
Email